Uncategorized

Sabar dan Shalat itu indah

Image

Assalamu’alaikum Wr.wb teman-teman yang disayang Allah Swt.

Senang rasanya masih dapat berbagi, masih dapat mensyukuri nikmat, masih dapat menebar manfaat dibumi yang luas ini. 🙂

Hmm, Sebelumnya saya ingin bertanya pada teman-teman yang cantik en cakep -cakep ^^, bagaimana kabarnya hari ini?

Alhamdulillah… masih luar biasa dahsyaat! Tak terasa sahabatku, detik demi detik, menit ke menit, hari ke hari, bulan ke bulan, eehh, ternyata Tamu yang Agung akan segera datang.. Insya Allah Bulan Penuh berkah, Bulan penuh Ampunan akan segera datang, yaitu Bulan Suci Ramadhan, Semoga kita semua disampaikan pada bulan Ramadhan.. Aamiin Ya Rabb.

Insya Allah ^^

Baik, langsung saja kita pada pembahasan yaa.. Saya akan mencoba memberikan ilmu yang bermanfaat.

Allah SWT berfirman ” Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang  yang sabar” (QS. Al-Baqarah:153)

Teman- teman pasti pernah merasakan kegelisahan, keresahan, kekecewaan, kegalauan.. hmmm.. inilah sahabatku,   Allah Swt seakan-akan memberikan kuncinya… “Jadikanlah SABAR dan SHALAT sebagai penolongmu”

Subhanallah, naah pernah tidak teman – teman bertanya tentang ayat ini, ” Mengapa Al-Qur’an menuliskan Sabar dulu kemudian Shalat…?” itu tuh ada maksudnya.. kenapa Sabar dulu yang tercantum, bukan Shalat dulu, hehehe.

hmm, penasaran yaa.. Oke deh kalo begitu saya akan menjelaskannya lewat suatu cerita yaa, silahkan di simak ya judulnya “Menonton Euro di Stadion” ^_^

Image

“Suatu hari, saya akan berangkat ke Negara Polandia, haha *aamiin ^_^,

Saya sengaja untuk menonton pertandingan Euro langsung ke stadion, yang pertandingannya antara Italia vs Germany, hehe. Subhanallah sekali yaa, saya saat itu sangat Senang, Bahagia, Rame, Asyiiik dan mantaplah intinya mah.., dapat menonton langsung di stadion di polandia… hehe

Suasana yang meriah dan sangat banyak orang yang menonton, berdesak-desakan, waah pokoknya orang-orang sangat penuh menonton pertandingan ini di dalam stadion….

“Alhamdulillah, sudah dapat tempat duduknya, dan “priiiit” pertandingan pun dimulai. dan suasana semakin meriah, dan hati saya pun semakin senang dan bahagia bisa nonton langsung di dalam stadion..” haha 🙂

Setelah 15″ menit pertandingan berlangsung, ternyata saya dikagetkan, walaah, saya baru ingat Mobil belum dikunci, didalamnya ada i-Phone, Uang, dompet, laptop, barang berharga, lebih celakanya lagi saya gak bisa keluar dari stadion karena penuh dengan desak-desakan.., susah keluar.., dan pasti mengganggu yg lainnya, dan lebih parahnya itu mobil belum LUNAS cicilannya, hehehe :)) ”

Nah, saya mau tanya dulu nih pada teman-teman, Apa dan Bagaimana Perasaan saya saat tau bahwa mobil itu belum dikunci..? galau? resah? kecewa? panik? cemas? Masihkah saya bahagia didalam stadion? yang tadinya bahagia, berubah  180 derajat menjadi penderitaan, kecemasan.., kekecewaan.., dan mari kita Belajar dari pengalaman ini… 😦

1) Apa yang membuat 15″ menit pertama saya bahagia nonton Sepak bola?

Jawabannya: Hanya satu… “Karena Hati…. Pikiran… dan Badan Menyatu di dalam Stadion” 

Kesanggupan menyatukan Hati… Pikiran… dan Badan… itu yang saya sebut orang SABAR ., 

2) Dan kenapa di 15″ menit kemudian saya tertekan… galau… cemas…. kecewa…..?

Jawabannya: Hanya satu saja… “Karena Hati…. Pikiran… dan Badan saya tidak menyatu di dalam Stadion” 

Badan saya masih di dalam stadion, tapi Hati dan Pikiran saya sudah di luar Stadion, sudah ingin pergi untuk melihat mobil diluar.. 

Nah itulah teman-teman yang dinamakan Orang yang Kurang Sabar..

Hmm, Sekarang sama hal nya dengan Shalat kita.., Kita ambil contoh Ibu-Ibu Rumah Tangga yaa, hehe biar gampang.. ^^v

Begini contohnya, Saat Ibu itu Shalat dan melakukan takbir  “AllahuAkbar”……..

Dia kan sedang shalat, tapi didalam Hatinya sambil Berpikir seperti ini “Yaa Allah sekarang kan hari minggu ya, masak apa yaa sekarang” (hehehe.. gak khusyu)

kemudian saat Ruku “AllahuAkbar”…… didalam Hatinya sambil Berpikir lagi “Oh iya yaa, di dalam kulkas kan ada Ayam.. masak ayam ajaa deh”

selanjutnya sujud “AllahuAkbar” …….. didalam Pikirannya lagi ” Masak ayam nya di goreng atau di panggang yaa” (ckck) haduh haduh^^

pantesan pada saat Allahu Akbar lagi.. “Ya Allah, ini raka’at keberapa yaa ? ” hehehe tuh kan.. jadi aja shalat nya lupa ^^

Begitulah Shalat kita apabila kita tidak melakukan Sabar terlebih dahulu.. karena tidak dapat menyatukan Hati.. Pikiran… dan Badan dalam suatu tempat..  🙂

Badan kita masih diatas Sajadah, tetapi Hati dan Pikiran kita sudah berada di dapur… hehehe ^_^v

Seharusnya kalau kita bisa Sabar dulu… Fokuskan semuanya, saat kita Shalat.. Satukan Badan, Hati dan Pikiran saat kita berada di sajadah itu.. karena kita sedang shalat.. Satukaaan.. Jika kita sudah bisa menyatukan Hati, Badan, Pikiran.. Maka Allah akan Bersamamu dalam shalat itu..

Seperti dalam akhir ayat surat tersebut kan?

“Sesungguhnya ALLAH beserta Orang-Orang yang Sabar” (QS. Al-Baqarah:153)

Jadi itulah alasannya Mengapa Allah menempatkan SABAR dulu kemudian SHALAT mu sebagai pelindung..

Semoga kita bisa menempatkan (SABAR) menyatukan Hati, Pikiran, dan Badan. saat kita shalat.. insyaAllah dimudahkan untuk khusyu’ ..

Saat kita berada di kantor juga begitu.. kita harus belajar (SABAR) Satukan Hati, Pikiran dan Badan di kantor itu..

Saat berhadapan dengan Orang Tua juga, Hadirkan Hati pikiran dan badan kita FULL untuk Orang tua kita, jangan sampai saat kita sedang berhadapan dengan Orang Tua, mata kita menghadap ke HP, hehe

Jadi, kesimpulannya .. Yuuks mari, kita Belajar SABAR dalam setiap episode kehidupan ini..

Siaaap yaa Untuk mencoba SABAR hari ini.. *ok deh ^^

Semoga Bermanfaat sahabatku, semoga Allah memberikan ILMU yang bermanfaat untukmu tentang kesabaran.. InsyaAllah 🙂

Salam Hangat dari sahabatmu.. _Bisma Darma Kurnia..

Wassalam.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Sabar dan Shalat itu indah

Tinggalkan Komentar Terbaik

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s