#JejakHikmah

Hanya Mampir

image

Tak terasa ya, rasanya kemarin kita masih baru belajar berjalan, sekarang sudah bisa berdiri dan berlari.

Tak terasa ya, rasanya baru kemarin kita masih disuapi oleh ibu ketika mau makan, sekarang sudah bisa membeli makanan dengan keringat sendiri.

Tak terasa ya, rasanya baru kemarin kita daftar ke sekolah, sekarang sudah lulus dari semua jenjang sekolah, bahkan hampir lulus kuliah.

Tak terasa ya, rasanya baru kemarin kita menikah (bagi yang sudah), sekarang sudah punya anak lagi. Rasanya baru, baru, baru, dan baru. Ah, tak terasa ya.

Inilah singkatnya hidup di dunia. Hanya mampir, hanya tempat berteduh sejenak, bukan tujuan akhir.

Inilah singkatnya hidup di dunia. Tidak akan jauh bahkan tidak lebih dari 60 tahunan kita di alam ini. Kalau pun lebih, itu hanya bonus. Mau?

Perhatikan saja, ibarat kita mencelupkan jari kita ke dalam air laut, kemudian kita angkat jari tersebut, dan lihat air yang menetes sedikit dari jari kita; itulah dunia. Kecil, sedikit sekali.

Lalu, di mana tempat kita sebenarnya nanti? Ya, di akhiratlah tempat kita nanti hidup yang sebenar-benarnya dan kekal. Tempat yang mana adalah kenikmatan bagi yang menikmati dunia yang singkat ini dengan kebaikan. Tempat yang mana adalah kesusahan bagi yang menikmati dunia ini dengan keburukan.

Coba banyangkan, satu hari kita di akhirat itu sama dengan seribu tahun kita hidup di dunia. Lama banget, kan? Hiii…

يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu. (As-Sajdah [32] : 5)

Maka, jangan salah prioritas. Kita berusaha mengejar dunia yang takkan pernah terkejar tiap hari. Bahkan sampai lupa menyiapkan bekal untuk akhirat yang kekal.

Bekerjalah untuk DUNIAMU, seakan-akan kamu akan HIDUP SELAMANYA. Dan beribadahlah untuk AKHIRATMU, seakan-akan kamu akan mati ESOK HARI.

***

___ ditanggal yang menurut sebagian orang adalah tanggal bertambahnya usia, padahal tidak. 08:04 am.

#JejakHikmah, #BismaDarmaKurnia.

Iklan

Tinggalkan Komentar Terbaik

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s